Senin, 16 Juli 2012

Manfaat Psyllium husk untuk Diet Serat

Psyllium husk
Psyllium husk
  Diet serat menawarkan lebih manfaat untuk kesehatan terutama kesehatan pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan. Serat dalam diet dapat ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang polong yang dikenal bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi sembelit. Selain itu serat dapat memberikan manfaat antara lain sebagai sumber vitamin dan mineral, menurunkan resiko diabetes dan penyakit jantung.
Sumber serat berasal dari semua bagian dari makanan nabati yang tidak dapat dicerna atau diserap. Tidak seperti karbohidrat, lemak dan protein yang dapat diserap oleh tubuh, serat tidak dapat diserap dan tidak dicerna oleh tubuh, oleh karena itu serat melewati usus kecil, usus besar dan keluar dari tubuh dalam keadaan relative utuh. Serat memiliki beberapa peran penting dalam menjaga kesehatan. Serat terbagi atas dua yaitu serat yang larut dalam air dan serat yang tidak dapat larut dalam air.

Manfaat diet tinggi serat
  • Buang air besar normal. Serat meningkatkan berat dan ukuran tinja serta dapat melembutkan tinja. Serat dapat mepercepat pengeluaran tinja karena serat tidak dicerna maupun diserap. Serat dapat mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar.
  • Membantu menjaga integritas usus dan kesehatan usus. Diet tinggi dapat menurunkan resiko wasir atau ambeien dan kantong kecil di usus besar (penyakit divertikular). Beberapa serat difermentasi dalam usus besar. Para peneliti melihat bagaimana hal ini dapat memainkan peran dalam mencegah penyakit usus besar.
  • Menurunkan kadar kolesterol darah. Serat larut ditemukan di buncis, gandum, biji rami dan dedak oat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah total dengan menurunkan LDL kolesterol atau kolesterol jahat. Penelitian epidemiologi telah menunjukkan bahwa meningkat serat dalam diet dapat menurunkan tekanan darah dan peradangan, yang juga melindungi kesehatan jantung.
  • Membantu mengontrol kadar gula darah. Serat, khususnya serat larut, dapat memperlambat penyerapan gula, yang bagi penderita diabetes dapat membantu menurunkan tingkat gula darah. Sebuah diet yang meliputi serat tidak larut telah dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2.
  • Membantu dalam penurunan berat badan. Diet tinggi serat membutuhkan waktu yang lama untuk mengunyahnya sehingga memberikan waktu tubuh untuk memberikan sinyal kenyang sehingga membantu untuk menurunkan berat badan dan cenderung untuk tidak makan terlalu banyak. Selain itu diet serat cenderung untuk membuat makanan terasa lebih besar dan berlama – lama lagi sehingga perut lebih lama untuk terasa lapar kembali. Diet tinggi serat cenderung kurang kalori dan energy yang berarti sangat baik bagi orang yang berusaha menurunkan berat badan.
  • Mencegah kanker kolorektal. Beberapa penelitian menunjukkan manfaat tinggi serat dalam pencegahan kanker kolorektal namun beberapa penelitian tidak menunjukkan efek terhadap pencegahan kanker kolorektal sehingga masih dalam kontroversi. Apapun itu, serat telah terbukti untuk membantu kesehatan usus

Efek samping diet tinggi serat
  Diet tinggi serat menimbulkan efek berupa kembung, produksi gas usus meningkat dan kadang – kadang kram. Untuk mengantisipasi hal ini maka diet tinggi serat harus perlahan – lahan dan bertahap selama beberapa minggu. Hal ini juga memberikan kesempatan bagi bakteri alami dalam sistem pencernaan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan. Selain itu, minumlah banyak air karena serat bekerja lebih baik bila menyerap air dan membuat tinja menjadi lunak dan besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar